Navigation

Latar Belakang

Indonesian Consortium for Cooperatives Innovation atau ICCI adalah konsorsium yang didirikan oleh lembaga/ organisasi dengan tujuan untuk membangun ruang bagi inovasi perkoperasian di Indonesia. Lembaga ini berdiri berangkat dari kebutuhan merespon kondisi strategis yang perlu disikapi dengan cepat dan tepat. Revolusi Industri 4.0 telah melahirkan banyak inovasi di berbagai bidang; Meningkatnya ekonomi digital yang massif di tengah masyarakat; Munculnya model bisnis sharing economy, yang ditandai dengan menjamurnya perusahaan startup di Indonesia. Dan gejala perubahan lainnya yang bergerak secara eksponensial dan disruptif.

Di sisi lain, sebagian besar koperasi di Indonesia terlihat masih dengan paradigma dan cara kerja business as usual dan belum melihat perubahan-perubahan yang terjadi itu sebagai gejala gelombang besar. Daya adaptif dan kompetitif pada gilirannya akan ditantang oleh para pemain baru (new entrants) dengan aneka kemudahan dan teknologi terkini. Di tambah bahwa secara jangka panjang, secara demografis Indonesia akan mengalami bonus demograsi yang puncaknya pada 2030 mendatang. Gejala itu saat ini bisa dilihat dari tumbuhnya generasi Y dan Z yang mengisi berbagai struktur kerja.

Merespon hal tersebut pada 27-28 Agustus 2018 para peserta workshop “Platform Coop, Worker Coop dan Startup Coop” yang diselenggarakan oleh Yayasan Kopkun Institute di Baturaden, Purwokerto, dari forum itulah kemudian ICCI ini digagas dan didirikan.

Visi dan Misi

Menjadi inovator koperasi di Indonesia yang relevan, berdampak dan berkelanjutan.

Misi Konsorsium

  1. Membangun ekosistem inovasi perkoperasian di Indonesia.
  2. Melakukan inovasi melalui simpul kelembagaan diberbagai regional/ daerah.
  3. Memobilisasi dan mengorganisasi sumberdaya untuk keberlanjutan kerja-kerja inovasi.

Komite Pengurus

  1. Firdaus Putra, HC.
  2. Hizkia Yossias, HC.
  3. Novita Puspasari, HC.

Komite Ahli

  1. Prio Penangsang, HC.
  2. Herliana, HC.
  3. Arnold Ong, HC.

Cara, metode, proses, model baru harus dikembangkan untuk membangun ketangkasan koperasi Indonesia agar responsif di zaman abundance

Cara baca ICCI sebagaimana diagram di samping bagaimana meletakkan urgensi agenda inovasi koperasi Indonesia
Skip to toolbar